Senin, 28 Maret 2011

pengertian MYOB


Pengertian MYOB

MYOB Acconting adalah  sebuah softwere akuntansi yang diperuntungkan bagi usaha kecil menegah (UKM) yang dibuat secara terpadu ( intergrated software).atau dapat juga diartikan Program aplikasi akuntansi yang digunakan untuk mengotomatisasikan pembuatan secara lengkap,cepat dan akurat.Myob Limited mengeluarkan MYOB Acconting versi 12 hadir dengan sejumlah fasilitas namun tetap memiliki karakteristik yang sama,yaitu  pemasukkan daftar akun,pengaturan (satup),mengelola bank,pelanggan,pemasok,produk sampai pada laporan keuangan seperti neraca,laba rugi dan sebagainya .
Secara singkat,modul yang dimiliki MYOB adalah sebagai berikut:
1.      Accounting,digunakan untuk pengelolaan accout-account perusahaan baik account rugi/laba maupun account neraca,pencatatan journal umum transaksi,dan pengelolahan budget perusahaan.
2.      Banking,digunakan untuk mencatat pengeluaran dan penerimaan uang perusahaan yang tidak terkait dengan kegiatan pembelian dan penjualan.
3.      Sales,digunakan untuk memantau transaksi yang berkaitan dengan penjualan yang dilakukan perusahaan.
4.      Time billing,digunakan untuk mengelola kegiatan penjualan yang berkaitan dengan waktu.
5.      Pembelian,digunakan untuk memaintain transaksi yang berkaitan dengan pembelian yang dilakukan perusahaan.
6.      Modul persedian digunakan untuk mengelolah informasi mengeenai item persedian seperti jenis barang,informasi pembelian,serta untuk mengelola perpindahan persedian dari lokasi yang satu ke lokasi yang lainnya.
7.      Card file,digunakan untuk mengelolah informasi yang berkaitan dengan pihak-pihak yang berhubungan dengan perusahaan seperti supplier,Vendor,Karyawan maupun personal.
Beberapa keunggulan yang ditawarkan suatu bisnis dikelola dengan menggunakan MYOB antara lain adalah:
a.       Easy OF Use:MYOB menawarkan kemudahn dalam penggunaannya,artinya pengguna dapat memperguna MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali.
b.      Accounting Power:Softwere MYOB telah cukup lama dikembang dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release.Myob dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
c.       Feature Job dan Category:yang  dapat digunakan  untuk pengelolaan proyek  serta departmentalisasi,sehingga dapat diperole laporan manajemen per proyek maupu n per departmen yang berguna bagi manajemem untuk mengetuhui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
d.      Proses instalasi dan maintenance yang murah.Instalasi  MYOB dapat dengan mudah  dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan,artinya walaupun release terbaru telah dikeluarka oleh MYOB.
e.       Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahuio MYOB cukup banyak ditemui di pasar.
f.       Dapat digunakan untuk memantau  3 tahun periode pembukuan,artinya dalam kurun  tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
g.      Nilai investasi yang relatuf murah.
h.      Jangkah waktu implementasi yang relatif cepat.

KELEMAHAN MYOB
a.       Database MYOB merupakan database yang dikunci.
b.      MYOB merupakan softwere buatan luar negeri sehingga tidak ada featur perpajakan di dalamnya.
c.       Tidak ada module fied assets,sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untukmengelola assets yang dimiliki maka tidak dipenuhi oleh MYOB.
d.      Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolahan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
e.       MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company,artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.

                                                                                                                       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar